Selasa, 07 Juni 2016

Ganti ATM dan Perubahan Nama Pemilik Rekening BCA

Pernah Ganti Kartu ATM atau ubah nama pemilik rekening di bank BCA ?, jika belum dan kebetulan anda akan melakukan hal serupa mungkin pengalaman saya ini bisa menjadi pertimbangan agar anda tidak bolak-balik. 
Sarat mengubah nama pemilik rekening

Awalnya saya tidak menyadari bahwa kartu ATM BCA saya mengalami lecet atau goresan pada bagian magnetic stripe yaitu bagian seperti garis hitam di belakang kartu. Hal tersebut baru saya sadari saat mencoba melakukan pengecekan saldo di ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan ternyata data tidak terbaca walaupun telah beberapa kali di coba. 

Karena yakin bahwa hal tersebut adalah karena kartu yang memang sudah aus atau rusak keesokan harinya saya mendatangi cabang bank BCA terdekat. 

Sebelumnya saya ingatkan jika anda ingin melakukan hal serupa jangan lupa membawa kartu identitas asli KTP/SIM, kartu ATM yang akan diganti dan buku tabungan anda.

Jangan khawatir, sebelum masuk pintu bank anda akan sudah disambut oleh satpam dan akan ditanya perihal keperluan jadi tinggal utarakan saja dan kalau perlu bisa  sekalian minta ambilkan nomor antri.  
Sebenarnya proses peganggantian kartu ATM ini tidak lama, bahkan perkiraan saya kurang dari 10 menit, hanya saja waktu itu nama rekening saya sebelumnya menggunakan singkatan karena nama awal saya adalah Muhammad maka disingkat dengan "M"..bukan nama lengkap sebagaimana yang tertera di kartu identitas yang baru (KTP elektronik), (saat pertama kali buka rekening nama di KTP masih disingkat, sedangkan di KTP elektronik ditulis lengkap). Akhirnya saya di kasih opsi apakah ingin merubah nama pemilik rekening sesuai kartu identitas. 

Sayangnya saat itu saya tidak membawa kartu keluarga (asli), sehingga saya harus balik keesokan harinya. Untungnya prosesnya juga relatif singkat (hanya kurang lebih 5 menit), dan jangan lupa jika anda ingin melakukan  hal yang sama yakni merubah nama pemilik rekening, pastikan anda bawa KTP/SIM, Kartu Keluarga, dan Buku Tabungan sebagai saratnya. Oh iya, tambahan satu lagi materai 6000, karena nanti ada surat pernyataan mengubah nama yang memerlukan materai, biasanya formulir ini di isikan oleh petugasnya jadi tinggal tanda tangan aja.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Juni 07, 2016

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Proses perubahan nama akan terupdate saat itu juga atau harus menunggu beberapa hari?

Taufik mengatakan...

Buku bank nya hilang bosku,kemarin saya minta buatin sama saudara saya bosku, dan ternyata data pribadi saya dibutuh kan jdi gimna cra ganti nama ATM BCA saya bosku

Unknown mengatakan...

Kena biaya ga kira kira

Unknown mengatakan...

Saya mau mengganti nama di buku rekening sama nama di ktp soal nya berbeda untuk sarat2 berkas yg di bawa apa aja ya .trima kasih

Posting Komentar

 

mjumanion