Contoh Instrumen Penilaian Sikap Kurikulum 2013 (K13)
Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui observasi, penilaian diri (self assessment), penilaian antarpeserta didik (peer assessment), dan jurnal. Instrumen observasi, penilaian diri, dan penilaian antarpeserta didik berupa daftar cek (check list) atau skala penilaian (rating scale) disertai rubrik. Rubrik adalah daftar kriteria yang menunjukkan kinerja, aspek yang akan dinilai, dan gradasi mutu. Jurnal berupa catatan guru tentang kekuatan, kelemahan, sikap dan perilaku peserta didik di dalam dan di luar kelas .
Contoh Kriteria Semangat Belajar
KRITERIA | INDIKATOR |
Sangat Baik (SB) | Selalu bersemangat dalam belajar bahasa Inggris – Sudah konsisten |
Baik (B) | Sering menunjukkan semangat dalam belajar bahasa Inggris – Mulai konsisten |
Cukup (C) | Kadang-kadang menunjukkan semangat dalam belajar bahasa Inggris – Belum konsisten |
Kurang (K) | Tidak pernah bersemangat dalam belajar bahasa Inggris – Tidak konsisten |
Komponen penilaian sikap menyesuaikan dengan tuntutan KD yang ada, misal dalam kompetensi
Dasar 2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
Contoh Rubrik Rinci Sikap Santun
No | Aspek Pengamatan | Muncul/dilakukan | |||
SB | B | C | K | ||
1 | Menghormati orang yang lebih tua | ||||
2 | Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain | ||||
3 | Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat | ||||
4 | Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman | ||||
5 | Menerapkan 3 S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain | ||||
PROFIL SIKAP SANTUN |
Hasil-Hasil observasi penilaian sikap selanjutnya di olah untuk mendapatkan profil sikap secara umum.
Contoh Hasil Observasi Penilaian Sikap
No | Nama | Kriteria Sikap | Profil sikap secara umum | ||
Semangat Belajar | Santun | Peduli | |||
1 | Adi | B | B | C | B |
2 | Budi | B | B | B | B |
Komponen penilaian sikap yang kedua setelah Observasi adalah Penilaian Diri, dari empat komponen penilaian sikap, penilaian diri dan penilaian antar peserta didik adalah instrumen yang di isi oleh peserta didik, sebaliknya Observasi dan Jurnal di isi oleh Tenaga Pendidik (guru).
Contoh Check List Penilaian Diri (Self assessment)
NO | PERNYATAAN | YA | TIDAK |
1 | Pembelajaran Biologi menyenangkan bagi saya | ||
2 | Saya tidak pernah menyontek pada waktu ulangan dan ujian | ||
3 | Saya tidak berminat menjadi ahli hewan | ||
4 | Saya menyukai tumbuhan |
Contoh Instrumen Penilaian Antar Peserta Didik
No | Perilaku/sikap | Muncul/dilakukan | |||
SB | B | C | K | ||
1 | Mau menerima pendapat teman | ||||
2 | Tidak memaksakan kehendak | ||||
3 | Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan | ||||
4 | Sabar menunggu giliran berbicara | ||||
5 | Santun dalam berargumentasi | ||||
Profil sikap |
Keterangan :
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
Contoh Jurnal
Mata Pelajaran : Biologi
Nama Peserta Didik : Agus Prasetyo
Kelas/Tahun Pelajaran : X / 2013-2014
No | Waktu | Kejadian/perilaku | +/- | Tindak Lanjut |
1 | Senin, 3 Febr.2014 Pk. 09.10 | Meninggalkan laborato- rium tanpa membersih-kan meja dan alat-alat yang sudah dipakai | - | Dipanggil untuk membersihkan meja dan alat-alat yang sudah dipakai. Dilakukan pembinaan |
2 | Senin, 10 Febr.2014 Pk. 08.30 | Melaporkan bahwa dia memecahkan tabung reaksi tanpa sengaja sewaktu melakukan praktikum | + | Diberi apresiasi karena kejujurannya. Diingatkan agar lain kali lebih berhati-hati |
3. | dst.. | dst.. | dst.. | dst.. |
ARTIKEL TERKAIT:
2 komentar:
mau tanya,. itu pake patokan peraturan mentri nomer berapa ya?
sep. makasih gan
Posting Komentar