Minggu, 02 Februari 2014

Cara Mengatasi Blog Costum Domain Yang Tidak Bisa Di Akses Tanpa WWW

Cara mengatasi Blog Costum Domain Yang Tidak Bisa Di akses tanpa www berikut berdasarkan pengalaman pribadi, kebetulan setelah tadi malam saya tidak bisa mengakses blog costum domain setelah perpanjangan Domain yang sudah hampir expired. Semula saya ingin mengcostum ulang blog dari blogspot saya ke Domain tersebut namun ternyata saat ini sudah ada cara yang lebih praktis costum domain dari blogspot ke Godaddy. Akhirnya saya menggunakan cara tersebut. Alhasil setelah menunggu kurang dari setengah jam blog saya kembali bisa di akses. 

Namun masih ada hal yang mengganjal perasaan saya, blog tersebut tidak bisa di akses jika tanpa menggunakan www. Sehingga blog saya mjumani.net harus di ketik lengkap www.mjumani.net di address bar, jika tanpa www blog tidak tampil tetapi di alihkan ke halaman parking godaddy. Akhirnya saya utak-atik ternyata ada setingan A (Host) yang entah terlupa atau memang berubah karena seting ulang menggunakan tool setting DNS dari Godaddy. 

Jika anda mengalami hal serupa yaitu tidak bisa mengakses blog yang di costum domain tanpa menggunakan www mungkin tips ini bisa di coba.

Masuklah ke akun goddady anda, kemudian masuk ke bagian DNS Manager
Pilih domain yang "bermasalah" lalu klik edit zone.
Lihat bagian A (Host) jika cuma ada satu kolom, klik Quick Add sebanyak 4 kali (lihat tanda panah), sehingga terdapat 4 kolom kosong baru. Kemudian masukan masing-masing kode berikut ;
Kolom  kosong 1 : pada bagian Host masukan "@" kemudian pada bagian Points to masukan "216.239.32.21"
Kolom kosong ke 2 : pada bagian Host masukan "@" kemudian pada bagian Points to masukan "216.239.34.21"
Kolom kosong ke 3 : pada bagian Host masukan "@" kemudian pada bagian Points to masukan "216.239.36.21"
Kolom kosong ke 4 :pada bagian Host masukan "@" kemudian pada bagian Points to masukan "216.239.38.21"

Kemudian klik save di bagian kanan atas sehingga hasilnya seperti gambar berikut :
Di kolom A (Host) sekarang ada 5 kolom 
Sekarang cobalah untuk mengakses blog costum domain anda tanpa menggunakan www. Jika masih belum bisa coba periksa kembali setingan di blogspot anda. 

Masuklah ke Blogger.com, kemudian pilih setting atau setelan 

Klik setelah (tanda panah)
Klik edit alamat domain anda (lihat yang dilingkari)

Klik tanda centang alihkan bloganda ke www.bloganda
Pastikan kotak kecil alihkan blog sebagai contoh alihkan mjumani.net ke www.mjumani.net kemudian klik simpan. Bismillah, insya Allah blog costum domain anda sudah bisa diakses tanpa mengetikan www di addres bar. Semoga bermanfaat !



ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Februari 02, 2014

1 komentar:

cara Islam mengatakan...

terimakasih sob...sangat membantu buat saya....salam sukses

Posting Komentar

 

mjumanion