Kamis, 06 September 2012

Heterofili dan Anisofili

Heterofili adalah sifat pada suatu tanaman yang memperlihatkan  bentuk daun yang berlainan  pada satu pohon tetapi pada cabang yang berbeda. Sedangkan jika daun yang berbeda tersebut terdapat pada satu cabang maka sifat tersebut dinamakan anisofili. Baik heterofili ataupun anisofili hanyalah salah satu di antara sifat-sifat daun yang perlu di ketahui teurama jika anda ingin melakukan pencandraan.

Dalam kegiatan identifakasi tumbuhan biasanya daun adalah salah satu komponen penting karena bentuk dan sifat-sifat daun dapat berbeda antara satu dengan lainnya. Umumnya satu tumbuhan memiliki  ciri daun yang sama, kalaupun ada perbedaan hanya dari segi ukuran saja. Tetapi penting pula untuk mengetahui bahwa pada beberapa tumbuhan tertentu ada pengecualian  seperti yang telah disebutkan di atas bahwa terkadang pada satu tanaman dapat memperlihatkan bentuk daun yang berbeda baik di satu cabang atau di cabang yang berbeda  seperti pada tanaman Lobak (Rhapanus sativus L). 
Lobak (Sumber foto : teranusa)


Sifat-sifat daun lainnya yang perlu anda ketahui baik sekedar untuk informasi ataupun menambah wawasan  antara lain sebagai berikut :
  • Bangun daun (circumscriptio)
  • Ujung daun (apex)
  • Pangkal daun (basis)
  • Susunan tulang daun ( nervatio atau venatio)
  • tepi daun (margo)
  • daging daun (intervenium)
  • dan beberapa sifat lain seperti warna, sifat permukaan atas atau bawah, adanya trikoma dsb.
Semoga tulisan singkat ini bermanfaat, sehingga kelak anda tidak akan keliru mendeskripsikan tanaman  karena mengambil dua daun yang berbeda dari tumbuhan yang sama. Contohnya pada Nangka (Artocarpus integra Merr.) yang memiliki daun yang berbeda sewaktu muda dan daun setelah tua.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: September 06, 2012

3 komentar:

Judul Skripsi Ilmu Hukum mengatakan...

menarik artikelnya... sangat bermanfaat. salam kenal

Judul Skripsi Ilmu Hukum mengatakan...

bleh gak kita tukeran link,, linkya dah aku pasang di blogku... www.fileskripsi.com

grosir batik collection mengatakan...

nice info..btw seger banget lobaknya..hehe

Posting Komentar

 

mjumanion