Minggu, 23 Juni 2013

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan

Manfaat Berpuasa tentu sudah banyak di paparkan, selain sebagai kewajiban seorang hamba kepada sang pencipta, ternyata puasa memiliki berbagai manfaat yang juga telah dibuktikan melalui berbagai penelitian. Selain untuk niat beribadah, tentunya tidak ada salahnya jika kita mengetahui beberapa hal manfaat puasa bagi kesehatan. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki awal puasa bulan suci Ramadhan 1434 H.
manfaat puasa dari segi medis
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa dari segi medis antara lain :

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, saat puasa ternyata di dalam tubuh terjadi peningkatan limfosit sampai dengan sepuluh kali lipat, sebagaimana diketahui fungsi limfosit dan sel darah putih adalah untuk melawan infeksi dan juga berperan dalam emningkatkan kekebalan tubuh.
2. Menjaga kesehatan jantung,  ketika berpuasa kolesterol baik untuk jantung yaitu HDL mengalami peningkatan dan kolestrol jahat yaitu LDL mengalami penurunan, tentunya hal tersebut sangat baik untuk jantung.
3. Menurunkan Glukosa Darah serta Berat Badan,  berpuasa baik di bulan ramadhan maupun puasa-puasa sunat akan membantu mengatur dan menurunkan kadar glukosa darah serta berat badan. Kegemukan adalah "sarang" penyakit, jadi dengan berpuasa anda akan bisa mengontrol berat badan.

4. Membersihkan Racun Dalam Tubuh, puasa telah dikenal memiliki manfaat sebagai metode detoksifikasi jadi umat muslim paling tidak punya waktu kurang lebih satu bulan dalam setahun untuk membersihkan racun dalam tubuh yang masuk baik melalui makanan maupun pernafasan selama 11 bulan disetiap tahun.

5. Baik Untuk Kesehatan Mental, puasa bagi umat islam tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus, tetapi juga mengontrol emosi termasuk marah yang sangat tidak baik untuk kesehatan. Selain itu puasa dapat membuat seseorang merasa damai dan mendapatkan ketenangan batin.

Itulah beberapa diantara banyak manfaat puasa bagi yang menjalankannya. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Juni 23, 2013

0 komentar:

Posting Komentar

 

mjumanion