Minggu, 30 September 2012

Membuat Herbarium Sederhana

Herbarium adalah spesimen  seluruh atau bagian tanaman yang telah di awetkan biasanya dalam bentuk kering dan di tempelkan pada selembar kertas. Herbarium sangat penting untuk studi taksonomi tumbuhan oleh karenanya dalam pembuatan herbarium sedapat mungkin untuk memasukan seluruh bagian tanaman seperti bunga, buah, akar, batang dan daunnya. Spesimen herbarium juga dapat digunakan sebagai katalog untuk mengidentifikasi flora suatu daerah atau sebagai catatan sejarah perubahan vegetasi dari waktu kewaktu.
membuat herbarium kering
Contoh Herbarium sederhana

Cara membuat Herbarium sederhana relatif mudah dengan bahan-bahan yang juga sederhana. Berikut jika ingin membuat herbarium berikut bahan-bahan yang harus di siapkan :

Membuat herbarium sederhana
Membuat herbarium

1. Spesimen tumbuhan atau tanaman, perlu diingat tidak semua tumbuhan bisa dibuat herbariumnya biasanya tumbuhan herba atau dari jenis paku-pakuan lebih mudah di buat herbariumnya. Sebagai contoh bisa mengambil tumbuhan paku suplir atau bisa juga tumbuhan orok-orok seperti yang saya buat.
2. Siapkan kertas koran bekas beberap lembar, kertas koran ini akan di gunakan untuk mengeringkan spesimen.
3. Selotip, papan triplek atau bisa di ganti steroform dengan bentuk persegi, plastik transparan, serta kertas karton.
4. Alkohol 70% .

Cara membuat :
1. Bersihkan spesimen, buang bagian-bagian yang tidak perlu
2. Jepit di dalam lembaran kertas koran dan biarkan kering angin biasanya memakan waktu kurang lebih seminggu tergantung dari jenis tumbuhan yang mau di buat herbarium, jika diperlukan ganti kertas koran yang digunakan untuk menjepit sesekali.
3. Ambil tanaman yang sudah kering, kemudian tempelkan pada kertas karton lalu kasih selotip agar tidak bergeser. Tempelkan juga etiket keterangan mengenai spesimen.
4. Tempelkan spesimen yang sudah melekat pada kertas karton tersebut di selembar papan tripleks atau steroform
5. Semprot atau usapkan alkohol pada spesimen untuk mencegah tumbuhnya bakteri atau jamur.
6. Kemudian tutup keseluruhan dengan plastik transparan.

Nah mudah kan ayo bikin herbarium.... suka ? Like this yah :)

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: September 30, 2012

0 komentar:

Posting Komentar

 

mjumanion