Senin, 11 Januari 2010

Makanan

Zat Makanan (sistem pencernaan makanan bagian 1)

Makan adalah sebuah kebutuhan dan merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Berdasarkan komposisi kimianya, zat makanan terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Berdasarkan fungsinya zat makanan dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok.
1.Sebagai penghasil energi: karbohidrat dan lemak.
2.Sebagai pengatur: vitamin dan mineral.
3.Sebagai pembangun: protein, mineral, air, dan hormon.

Makanan bergizi dan seimbang


1.Karbohidrat
Karbohidrat tersusun atas unsur-unsur C, H, dan O. Karbohidrat merupakan penghasil energi utama bagi tubuh, dan setiap 1 gram meng-hasilkan 4 kalori. Karbohidrat dapat dibedakan menjadi:
1)monosakarida, karbohidrat yang terdiri atas satu molekul gula,
contohnya: glukosa, galaktosa, dan fruktosa;
2)disakarida, karbohidrat yang terdiri atas dua molekul gula, contohnya:
sakarosa, maltosa, dan laktosa;
3)polisakarida, karbohidrat yang terdiri atas tiga atau lebih molekul gula,
contohnya: glikogen, selulosa, hemiselulosa, dan amilum (tepung).

2.Protein
Protein merupakan molekul besar yang tersusun atas unsur-unsur C, H, O, dan N. Kadang-kadang mengandung unsur P dan S. Protein terdiri atas polimer asam amino. Satu molekul protein terdiri atas 20 macam asam amino yang berbeda. Asam amino yang dibutuhkan kebanyakan dapat dibuat di dalam tubuh, disebut asam amino nonesensial, yaitu alanin, asparagin, asam aspartat, sistein, asam glutamat, glutamin, glisin, serin, prolin, dan trirosin. Asam amino yang tidak dapat disintesis di dalam tubuh disebut asam amino esensial, misalnya arginin, histidin, leusin, isoleusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, valin, dan triftopan. Asam amino-asam amino tersebut harus di datangkan dari luar. Sumber protein yang mengandung asam amino esensial adalah telur, susu, daging, ikan, biji-bijian atau kacang-kacangan, dan lain-
lain.
3.Lemak
Lemak tersusun atas unsur-unsur C, H, dan O. Lemak merupakan cadangan makanan terbesar dalam tubuh dibandingkan dengan karbohidrat. Lemak adalah lipida sederhana yang terdiri atas 3 molekul asam lemak dan satu molekul gliserol. Ada dua macam lemak, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh berdasarkan asam lemaknya. Asam lemak jenuh adalah jenis asam lemak yang dapat disenyawakan sendiri di dalam tubuh berwujud padat. Lemak jenis ini dapat dijumpai pada daging merah. Lemak tidak jenuh harus didatangkan dari luar tubuh. Lemak semacam ini dapat dijumpai pada tumbuhan, seperti minyak jagung, bunga matahari, biji-bijian, dan ikan.

4.Vitamin
Vitamin adalah zat makanan yang mutlak diperlukan oleh tubuh, walaupun dalam jumlah yang sedikit karena vitamin berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme, pertumbuhan, dan pengaturan fungsi-fungsi tubuh. Beberapa vitamin dapat larut dalam air, seperti vitamin B dan C, ada juga yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E dan K. Tabel di bawah ini
menunjukkan vitamin, sumber, dan fungsi serta akibat defisiensi.

6. Air
Air merupakan komponen terbesar penyusun protoplasma sel, dan merupakan kebutuhan yang sangat vital untuk kelangsungan hidup makhluk hidup. Di dalam jaringan, air berfungsi untuk:
1)zat pelarut berbagai zat;
2)bahan pengangkut dari sel ke sel;
3)untuk menjaga stabilitas suhu tubuh.
Zat makanan, seperti telah dijelaskan sebelumnya sangat berguna bagi
tubuh. Namun, selain itu ada juga yang dapat mengganggu kesehatan. Adapun zat-zat makanan yang dapat mengganggu kesehatan, di antaranya sebagai berikut.
a.Makanan yang memakai zat warna sintetik.
b.Makanan yang mengandung bahan pengawet.
c.Makanan yang banyak mengandung kolesterol.

Sumber : buku biologi kelas 2 oleh Eva Latifah Hanum dkk, 2009

Kunjungi web kami lainnya
Tips, info dan cheat travian
sofware pencari uang online
Tempat beriklan baris gratis tanpa daftar

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Januari 11, 2010

2 komentar:

Narzis.net mengatakan...

Jujur, sampai sekarang gue mah makannya gak terlalu memperdulikan soal kandungan yang terkandung di makanan...
Asal enak aja dilahap, xixixi...
Ketahuan rakusnya :D

Adi mengatakan...

nice info Sobat...
ane jd ngerti jnis2 mkanan yg baik untuk tbuh...

Salam Blogger...

Posting Komentar

 

mjumanion