Jumat, 08 Mei 2009

Cara Membuat Gasing Memanfaatkan Bahan bekas


Kreatifitas
(Merancang dan membuat Gasing)

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengasah keterampilan misalnya dengan bermain. Dengan semakin majunya dunia, sering kali kita malas dan mengesampingkan kreatifitas kita sehingga kita terbiasa dengan pola hidup konsumtif.
Padahal salah satu cara untuk mengurangi pola konsumtif adalah dengan mengasah kreatifitas sehingga kita tidak hanya bisa menjadi pemakai tetapi juga penghasil.
Di sebuah bengkel saya pernah diajarkan membuat gasing dari bekas sparepart sepeda motor, hasilnya tidak kalah dengan gasing buatan pabrik, dengan bahan besi sangat mudah dan kuat untuk diajak beradu, bahkan kita dapat melihat percikan bunga api dari kedua gasing yang beradu yang membuatnya semakin seru.
Langkah membuat gasing (populer disebut dengan bayblade) dari bekas sparepart sepeda motor ini mudah dan sederhana, bahan yang di perlukan adalah sebagai berikut:
  1. Sebuah bearing (kelahar) bekas
  2. Dua buah ring sekrup
  3. Dua buah baut ukuran kunci 12
  4. 1 buah pentil ban dalam bekas sepeda motor
  5. sutas tali panjang kira-kira 30 cm
  6. Batang lidi/kawat yang cukup kuat panjang kira-kira 10 cm
Cara membuat :
  1. Pasang baut pada pentil sampai mendekati dasar pentil
  2. Masukan sebuah ring pada pentil ban dalam bekas
  3. Masukan bearing (kelahar)
  4. Masukan lagi sebuah ring
  5. Lalu pasang baut dan kencangkan hingga kelahar tidak bergerak
Nah Gasing telah siap, untuk memainkan lilitkan tali pada bagian atas gasing. Masukan lidi atau kawat di bagian atas gasing sambil dipegang, tarik tali sampai gasing berputar, kemudian dengan segera angkat tancapan lidi/kawat diatas gasing. Gasing akan berputar dengan cepat. Kualitas gasing di tentukan oleh besar kecilnya kelahar dan proses pembuatan. Selamat mencoba !
Jika ada pertanyaan silahkan ajukan di komentar atau di chat box!

ARTIKEL TERKAIT:

mjumani, Updated at: Mei 08, 2009

0 komentar:

Posting Komentar

 

mjumanion